Struktur Rencana Bisnis Anda

Rencana bisnis Anda sangat penting untuk menetapkan struktur bisnis Anda, maksud dan tujuannya, strategi, produk, dan kepegawaiannya. Ini digunakan untuk merencanakan dan mengelola bisnis Anda, mengajukan permohonan pendanaan atau menunjukkan kepada calon investor. Ini memiliki sepuluh bagian utama dan ini adalah:

1. Sampul dan indeks

Kedengarannya agak konyol, tetapi sampul yang bagus untuk rencana bisnis Anda akan menunjukkan profesionalisme dan kepedulian yang telah dimasukkan ke dalam produksinya. Ini juga merupakan tempat yang ideal untuk memasukkan logo perusahaan dan detail kontak Anda. Jika sesuai, sertakan foto produk Anda.

Anda juga harus memasukkan nama dan nomor perusahaan Anda serta rincian kontak Anda seperti alamat, situs web, akun media sosial, dan email serta nomor telepon direktur terkait Anda juga. Anda akan terkejut dengan banyaknya orang yang melupakan fitur ini.

Untuk membantu calon investor untuk menavigasi, indeks harus menyertakan semua poin rencana bisnis dengan nomor halaman yang sesuai. Buatlah selengkap mungkin agar pembaca memiliki gambaran yang jelas tentang isi dokumen tersebut.

Bagaimanapun menghasilkan indeks juga memberi Anda, penulis alat perencanaan yang hebat untuk memastikan bahwa Anda memasukkan semua poin dan informasi yang perlu Anda sertakan.

2. Ringkasan eksekutif dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda

Di bagian pertama dokumen, Anda harus membuat ringkasan deskriptif dari ide yang mencakup poin-poin berikut:

  • Peluang di pasar
  • Produk atau layanan dan kelebihannya
  • Tim manajemen
  • Ringkasan keuangan kebutuhan pembiayaan dan profitabilitas yang diharapkan
  • Dengan menulis ringkasan eksekutif terlebih dahulu, Anda meletakkan semua informasi yang ada di kepala Anda. Anda selalu dapat kembali ke sana di ujung kabel tubuh utama Anda.
  • Ingat, Anda perlu menarik perhatian investor di sekitar dua halaman di mana Anda akan meringkas poin terpenting dari teks. Anda juga harus memperhatikan beberapa hal:
  • Secara vital, Anda harus mendefinisikan kebutuhan atau masalah yang ingin diselesaikan oleh bisnis Anda.
  • Anda perlu menentukan tujuan fundamental perusahaan.

Anda perlu memberi tahu investor pada tahap apa perusahaan Anda saat ini. Apakah Anda pra-produksi, mulai berkembang atau dalam keuntungan misalnya.

3. Rencanakan bisnis Anda

Inilah titik di mana Anda mengeluarkan kertas bekas Anda.

  • Anda harus menjelaskan misi bisnis Anda - itulah yang ingin Anda capai. Kemudian Anda memerlukan daftar tindakan yang diperlukan perusahaan Anda untuk mencapai titik ini.
  • Selanjutnya Anda perlu memikirkan bagaimana Anda akan memecahkan masalah bisnis yang telah Anda identifikasi.
  • Sekarang jelaskan apa produk atau layanan Anda, apa yang akan didapatkan pelanggan dengan pembelian mereka dan apa kelemahan atau ketidaknyamanan mereka.
  • Temukan titik harga apa yang akan membuat calon pelanggan Anda merasa nyaman.
  • Terakhir, Anda perlu menemukan bagaimana Anda dapat menemukan pelanggan ini.

Seringkali ini semua dapat ditentukan dengan menggunakan kanvas model bisnis dan ini adalah subjek dari artikel saya yang lain. Anda dapat membeli konsultan untuk memproduksi model ini.

Biasanya sudah ada perusahaan yang bekerja untuk tujuan yang sama. Identifikasi mereka dan tanyakan pada diri Anda: Bagaimana saya akan membedakan diri saya dari pesaing saya?

4. Jelaskan struktur bisnis Anda

Membuat rencana bisnis melibatkan pemeriksaan kekuatan dan kelemahan pesaing Anda, setelah diidentifikasi, Anda dapat membenarkan mengapa bisnis Anda unik. Anda harus membedakan diri Anda dari orang banyak untuk meningkatkan peluang investasi. Artinya, simak informasi berikut ini:

  • Jelaskan apa yang akan Anda jual kepada siapa dan pada titik harga berapa.
  • Perkenalkan konsep branding Anda - apakah Anda akan menjadi perusahaan mewah misalnya atau menumpuknya dan menjualnya dengan harga murah?
  • Jelaskan bagaimana Anda akan memenuhi pesanan - dengan kata lain, keseluruhan proses dari membeli produk sendiri hingga benar-benar mengirimkannya ke pelanggan Anda dan menawarkan layanan setelahnya.
  • Memperjelas bagaimana Anda akan meliput area utama produksi, penjualan, pemasaran, keuangan dan administrasi.
  • Sertakan akun manajemen, penjualan, kontrol stok, dan kontrol kualitas.

Tentukan bagaimana Anda akan menjual produk Anda dan analisis, jika perlu, lokasi perusahaan dan keuntungan dan kerugian dari situasi ini.

Pastikan Anda memecahkan keraguan investor berikut: Apa produk pesaing Anda dan bagaimana mereka membuatnya?

5. Buat daftar karakteristik pasar tempat Anda akan mengembangkan bisnis

Anda harus menganalisis kondisi pasar: seberapa besar, seberapa cepat pertumbuhannya dan apa potensi keuntungannya. Jelaskan bagaimana Anda akan menyelidiki audiens Anda dan dengan alat apa.

Mengetahui target pasar dimana bisnis akan dikembangkan dan mengarahkan strategi pemasaran ke arah target tersebut. Jika Anda tidak memiliki strategi pemasaran yang berfungsi, Anda akan kehilangan waktu, tenaga, dan uang.

Jawab pertanyaan berikut: Di mana Anda akan menemukan pelanggan Anda?

6. Rencanakan strategi promosi

Di sinilah rencana pemasaran bisnis Anda harus dimasukkan. Ini mungkin salah satu langkah paling relevan saat membuat rencana bisnis. Strategi promosi dan pemasaran dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan perusahaan Anda. Cobalah menjawab beberapa pertanyaan:

  • Bagaimana Anda akan memposisikan produk atau layanan Anda? Di sinilah Anda menginginkan 4 P pemasaran: Harga, Produk, Promosi, dan Tempat.
  • Bandingkan fitur-fitur seperti harga, kualitas, dan layanan pelanggan dengan pesaing Anda.
  • Bagaimana Anda akan menjual kepada pelanggan Anda? Telepon, halaman web, tatap muka, agen?
  • Bagaimana Anda mengidentifikasi calon pelanggan?
  • Bagaimana Anda akan mempromosikan bisnis Anda? Periklanan, hubungan masyarakat, pemasaran email, strategi konten, media sosial, dll.?
  • Manfaat apa yang akan dicapai setiap bagian dari bisnis Anda?
  • Mengapa seseorang akan meninggalkan pesaing Anda saat ini untuk membeli dalam bisnis Anda?
  • Bagaimana Anda akan menarik mereka ke perusahaan Anda dan produknya?
  • Berapa perkiraan yang adil dari jumlah pelanggan yang akan Anda capai setiap tahun selama tiga tahun pertama?
  • Berapa perkiraan Anda tentang biaya untuk mencapai setiap pelanggan baru?
  • Berapa perkiraan biaya mempertahankan setiap pelanggan?

7. Tentukan sumber penghasilan Anda

Di sinilah Anda meletakkan semua informasi tentang apa yang akan dijual perusahaan Anda dan dari mana sumber pendapatan akan datang.

  • Produk dan layanan yang akan Anda sediakan.
  • Semua biaya iklan, komisi, biaya keanggotaan, dll. Yang akan Anda terima.

Analisis tersebut harus mencakup: struktur harga, biaya, margin dan pengeluaran.

Sertakan rincian arus kas yang diantisipasi selama tiga tahun pertama. Arus kas merupakan pertimbangan utama. Di perusahaan berbasis web ini disebut sebagai tingkat pembakaran.

8. Tim Anda

Di sinilah Anda menambahkan lirik tentang kekuatan direktur dan staf utama Anda. Sertakan pengalaman mereka dalam posting serupa dan apa yang dapat mereka lakukan untuk perusahaan pemula Anda. Sertakan resume dasar untuk masing-masing dari mereka dan nyatakan tanggung jawab mereka. Jika Anda memiliki pendukung, mentor, atau sutradara yang sangat terkenal, inilah tempat Anda menyebutkannya.

9. Keuangan Anda

Ketika Anda mencapai titik ini ketika membuat rencana bisnis Anda, Anda harus mulai menerjemahkan semua yang Anda katakan menjadi angka. Artinya, analisis prakiraan keuangan bisnis Anda. Juga sertakan strategi keuangan Anda - bagaimana Anda akan mengelola arus kas Anda, penting untuk perusahaan baru mana pun. Jika tidak punya rencana, bisnis bisa tiba-tiba tenggelam atau gagal. Sebaliknya, jika Anda menerima kesuksesan yang tidak terduga, tujuan Anda mungkin tiba-tiba berubah dan Anda akan membutuhkan rencana bisnis baru. Oleh karena itu, Anda harus menilai risiko bisnis Anda, mengidentifikasi area di mana terjadi kesalahan, dan menjelaskan apa yang akan Anda lakukan dalam kasus tersebut. Anda harus memasukkan investasi lain yang Anda miliki atau akan terima. Rincian alokasi saham Anda, terutama persentase yang besar, harus disertakan.

9. Apa yang akan Anda lakukan dengan investasi itu

Sangat penting, sertakan untuk apa Anda mencari pembiayaan dan bagaimana dan kapan Anda berniat membelanjakan investasi tersebut. Sangat penting bagi calon investor untuk melihat bahwa perusahaan akan berkembang pesat dari investasinya.

Sebutkan seberapa cepat dan seberapa sering calon investor akan melihat keuntungan dari investasinya. Sertakan juga saham yang ditawarkan serta potensi keterlibatannya dengan perusahaan setelah mereka berinvestasi.

Sangat penting bahwa mereka ditawari strategi keluar sehingga mereka dapat memperoleh laba atas investasi yang sehat dan kemudian beralih ke perusahaan baru berikutnya.

10. Lampiran

Sangat mungkin setelah membuat business plan Anda perlu memberikan informasi tambahan untuk melengkapinya. Sebagai contoh:

  • Data riset pasar yang telah Anda gunakan.
  • Resume tim yang akan membentuk perusahaan Anda. Ini sangat penting jika Anda mencari pembiayaan tingkat tinggi.
  • Spesifikasi teknis produk atau layanan (Anda dapat menyertakan foto).
  • Nama beberapa calon pelanggan.

Membuat rencana bisnis melibatkan penulisan banyak halaman dengan teks yang menarik, dinamis dan tepat yang menarik perhatian orang yang sangat menuntut. Ini harus menarik perhatian investor, yang meskipun telah membaca ratusan di antaranya harus menemukan sesuatu yang unik dalam rencana bisnis Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel